Kamis, 21 Februari 2013

Inggris Enggan Kembalikan Berlian Mahkota Ratu Inggris

Perdana Menteri Inggris David Cameron, menegaskan negaranya tidak akan mengembalikan berlian yang dipasang di mahkota Ratu Inggris kepada India. Sebelumnya, berlian itu dirampas oleh Pemerintah Inggris pada masa kolonial.

Berlian yang diberi nama Koh-i-Noor itu terpasang di mahkota milik ibu suri Kerajaan Inggris. Namun berlian 105 karat tersebut kini dipajang di museum agar dapat dilihat oleh publik.

"Saya tidak setuju untuk mengembalikan berlian itu ke India. Saya kira hal tersebut bukanlah hal yang bijak," ujar Cameron di sela-sela kunjungannya ke India, seperti dikutip Reuters, Kamis (21/2/2013).

"Yang penting kami merawat berlian itu dengan baik agar dapat dilihat oleh warga di seluruh dunia," lanjut Cameron.

Keinginan India untuk memiliki kembali Koh-i-Noor telah muncul sejak lama. Tokoh spiritual India, Mahatma Ghandi, sempat meminta Inggris mengembalikan berlian itu sebagai bentuk rasa penyesalan terhadap aksi penjajahan yang mereka lakukan terhadap India.

Ketika Ratu Elizabeth mengunjungi India pada tahun 1997 lalu, banyak warga yang melakukan protes menuntut dikembalikannya Koh-i-Noor. Berlian itu berada di tangan Kerajaan Inggris sejak masa Ratu Victoria yang berkuasa pada 1850 silam.

India bukan satu-satunya negara yang menuntut barang antiknya dikembalikan oleh Inggris. Yunani juga sempat meminta Inggris memulangkan pahatan kuno Marmer Eldrin yang dirampas oleh seorang bangsawan Inggris dua abad yang lalu.(faj) Browser anda tidak mendukung iFrame 


A cut above: The Koh-i-noor diamond in the Queen Mother's Crown and David Cameron, pictured yesterday
 
The Crown of Queen Elizabeth the Queen Mother, with the Koh-i-noor diamond, sits in the Tower of London with the Crown Jewels





sumber  http://international.okezone.com/read/2013/02/21/414/765533/inggris-enggan-kembalikan-berlian-mahkota-ratu-inggris

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls