Selasa, 19 Februari 2013

Membahas Premanisme Di Sekolah Dasar

Masa kecil adalah masa di mana setiap orang belum menyadari arti hidup yang sebenarnya. Masa tersebut seringkali dijadikan masa puncak keegoisan bertindak tanpa berpikir matang. Kita semua pasti pernah pula mendengar tentang preman kelas di SD yang merasa di kelas adalah wilayah kekuasaannya & semua teman harus berada di jalur trek yang dia sukai.

Ilustrasi Siswa SD
Spoilerfor :


Banyak faktor yang membuat siswa menjadi preman kelas. Faktor keluarga & pertemanan di lingkungan sekitar menjadi peranan utama pembentukan karakter setiap anak.

Tindakan keegoisan yang seringkali dilakukan preman kelas antara lain :
1. Memalak Anak Orang Kaya
Meminta uang dengan cara yang salah. Mengemis jauh lebih mulia ketimbang melakukan tindakan ini berarti pengemis lebih mulia ketimbang preman kelas. Hampir semua siswa & mantan siswa yang lainnya pernah merasakan dipalak oleh preman kelas. Penampilan menarik siswa kelas yang lainnya dapat mendatangkan niat jahatnya untuk 'merampok' uang.

Contoh dialog :
A : Besok kamu harus berikan saya Rp. 100,- per hari!


Quote:2. Memukul Siapa Saja
Ketika preman kelas tidak menyukai siswa yang lainnya maka dia tidak segan untuk memukulnya. Biasanya hal tersebut dilakukan sepulang sekolah.

Contoh dialog :
A : Awas kalau besok kamu melapor di ibu guru!


Quote:3. Mengajak Berkelahi Sepulang Sekolah
Preman kelas biasanya menantang siswa yang lebih lemah dari dirinya agar dengan mudah menang dalam setiap perkelahian tapi jika dia mendapat tantangan serius yang lantang, bukan tidak nyalinya menurun drastis. Dalam sebulan saja, preman kelas bisa berkelahi sebanyak 2 kali & semuanya selalu dimenangkannya sehingga hal itu dianggapnya sebagai suatu 'prestasi' yang dapat dibanggakannya & membuat semua teman kelasnya salut.

Contoh dialog :
A : Kamu mau berkelahi di mana sebentar?  Saya akan panggil 3 orang temanku dari SD sebelah.  


4. Mempermainkan Teman Wanita Sampai Menangis
Tidak sedikit jumlah preman kelas yang melakukan tindakan bodoh ini. Preman kelas tidak pernah berpikir kalau tindakan ini bisa berakibat fatal untuk nama baik keluarganya.

Contoh dialog :
A : Apa kabar, obesitas?  Tolong angkat rok kamu sedikit.


5. Mengancam Agar Diberi Contekan
Kalau permintaannya tidak dituruti maka kemungkinan dia langsung mencoret baju sekolah siswa tersebut. Preman kelas selalu menjadi momok yang paling merusak citra pendidikan di Indonesia. Ketika siswa yang lainnya setidaknya sudah berusaha membuat contekan bagi diri mereka masing-masing, preman kelas malah hanya mengharap jawaban instan dengan cara yang mengancam hampir semua siswa.

Contoh dialog :
A : Cepat tuliskan saya di kertas kecil!  Kalau tidak, akan saya coret bajumu.


Pendapat Pribadi
Cara terbaik membuat jera preman kelas, yaitu laporkan ke orangtua agar preman kelas tersebut ditangkap polisi karena kalau mengadu di sekolah, guru yang berusaha membantu selalu difitnah melanggar HAM di Indonesia, belum lagi jika ada wartawan yang datang meliput & membuat berita yang tidak sesuai dengan fakta.



sumber http://www.kaskus.co.id/thread/510f698d4f6ea1311300000b

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls