Rabu, 13 Februari 2013

para kolektor mobil dunia

Mobil di benak, kaum pria sering disebut sebagai istri kedua. Saking cintanya mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan mobil-mobil incaran.

Sebut saja pria asal India Madan Mohan yang memiliki koleksi sebanyak 200 mobil klasik dan 80 motor. Itu pun masih kurang, dirinya akan mengoleksi lebih banyak lagi.

Kemudian ada lagi kolektor mobil yang jumlahnya boleh dibilang wow! Siapa lagi?

spoiler for Jay Leno:
[Image: 124820_jayin.jpg]

Pria yang terkenal dengan acara The Tonight Show with Jay Leno di jaringan televisi NBC ini merupakan salah satu pesohor yang paling memiliki koleksi mobil terbanyak.

Jay Leno merupakan sosok yang beruntung. Kadang-kadang pabrikan mobil memberikan kesempatan pertama untuk dirinya menjajal mobil baru mereka.


Kabarnya, di garasi Jay Leno, ada sekitar 100 mobil dan 90 motor.



spoiler for Sultan Hassanal Bolkiah:
[Image: sultanin.jpg]

Sebagai pemimpin negeri yang kaya minyak, Sultan Hassanal Bolkiah bisa memiliki mobil apa pun yang diinginkannya.

Dilansir Bornrich.com, Sultan sudah dikenal dengan minatnya yang tinggi pada mobil-mobil mahal dan super langka.


Tercata, koleksi pribadi mobil Sultan mencapai 7.000 unit. Itu pun semuanya mobil sport nan mahal.


Total mobil yang berada di garasinya ditaksir mencapai US$ 5 miliar. Mobil yang dikoleksi termasuk 600 unit Rolls-Royce, 300 unit Ferrari, 134 unit mobil sport Koenigegg, 11 unit McLaren F1, 6 unit Dauer Porsche 962 LM dan Jaguar.



spoiler for Hartawan Setjodiningrat:

[Image: hauwkeein.jpg]



Di Indonesia pun, ada juga pria yang memiliki koleksi mobil dalam jumlah yang wah. Adalah pria yang bernama Hartawan Setjodiningrat yang akrab dipanggil Hauwkee.

Namun Hauwkee memilih untuk mengoleksi mobil-mobil klasik. Di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Hauwkee membuka sebuah galeri mobil klasik Hauwke Auto Gallery di 2008 lalu.

Bahkan ada situsnya sendiri yakni hauwkeeautogallery.com. Garasi mobil yang eksklusif ini sering kali menjadi tempat untuk foto-foto pre-wedding atau iklan TV.

Setidaknya ada 50 mobil klasik dari tahun 1908 sampai 1960an. Salah satu yang paling istimewa adalah mobil yang dipakai Presiden RI yang pertama yakni Soekarno.

Mobil Bung Karno itu adalah mobil keluaran Amerika Chrysler Imperial Cabriolet Limousine tahun 1959 dan mobil keluaran Rusia ZIL 111 Limousine tahun 1951.

"Saya mendapatkan mobil ini pada tahun 1987, waktu itu mobil-mobil presiden pertama kita ini mau dilelang dan dibeli oleh orang kaya yang berasal dari India. Setelah saya mendapat kabar tersebut akhirnya saya bersama PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia) menyelamatkannya agar jangan sampai jatuh ke tangan bangsa lain," ujar Hauwkee ketika ditemui detikOto beberapa waktu lalu.

Hauwkee mengaku lupa berapa uang yang harus dikeluarkannya ketika menebus mobil Bung Karno tersebut. "Harganya saya lupa, karena itu sudah lama sekali," ujarnya.

Hauwkee mengaku memiliki mobil presiden sebanyak 5 unit. Tapi yang ditunjukkan pada ajang ini hanya 2 presiden. Salah satu mobil sengaja dibiarkan tetap 'jelek' agar orisinalitasnya terjaga.

"Karena saya ingin menunjukkan bahwa mobil ini mobil lama dan memiliki nilai sejarah tinggi. Jadi apabila orang melihatnya bagaikan berada di mesin waktu," katanya.

Jika berbicara tentang sejarah mobil, tentu banyak sekali. Mobil Imperial yang berwarna merah ini menurutnya senang dipakai Soekarno sambil membuka atap mobilnya agar terlihat oleh para rakyat. "Tapi tidak hanya itu Soekarno berjalan sambil didorong, ini dimaksudkan agar Soekarno berada dekat dengan rakyatnya," ujarnya.

Hauwkee dalam beberapa kesempatan sering berkelakar mengenai kekuatan mobil lama. "Kalau mobil ini diadu (tabrak) dengan mobil baru, mobil baru itu pasti rontok sampai setengah badan," kelakarnya.





sumber | iniunic.blogspot.com

0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls