Kamis, 07 Februari 2013

UNIK nya Rumah-Rumah Es Kuno di Iran

Sebelum penemuan kulkas, yang merupakan penemuan yang relatif modern, es adalah komoditas berharga yang tidak bisa dengan mudah diperoleh atau dibuat, terutama selama musim panas. Untuk mengawetkan daging dan bahan makanan lainnya blok besar es harus diimpor jauh-jauh dari negara-negara Skandinavia yang berlokasi didalam lingkaran Arktik atau dari puncak-puncak gunung dan dengan hati-hati diisolasi dengan jerami. Di AS, Inggris dan negara-negara lain di Eropa, es didatangkan dari Norwegia. Rusia mengumpulkan es dari sepanjang Sungai Neva, sementara India mendapat es mereka dari Himalaya. Es disimpan di bangunan yang dibuat khusus yang disebut rumah es dan disana es bisa bertahan sepanjang tahun.


Rumah Es di Kashan, Iran.
Desain yang paling umum melibatkan ruang bawah tanah, biasanya buatan manusia, yang dibangun dekat dengan sumber-sumber alami es musim dingin seperti danau air tawar. Selama musim dingin, es dan salju akan dibawa ke dalam rumah es dan dikemas dengan isolasi, seperti jerami atau serbuk gergaji. Ini akan membuat es tetap membeku selama berbulan-bulan, sering sampai musim dingin berikutnya, dan dapat digunakan sebagai sumber es selama musim panas sehingga dapat digunakan untuk mendinginkan minuman atau membuat es krim dan sorbet (makanan penutup yang dingin).

Rumah Es di Abarkuh, Iran
Rumah es dikenal di Iran pada awal abad ketujuh belas Sebelum Masehi, dan hingga 50 tahun yang lalu, beberapa rumah es masih digunakan. Banyak bekas rumah es yang bentuknya mirip telur terbuat dari batu bata lumpur masih eksis di Iran. Rumah es -rumah es di Iran, ukurannya raksasa dibandingkan dengan yang ditemukan di barat, dan keunikannya adalah cara es diperoleh.

 Eksterior kubah Rumah Es di Meybod, Iran

 Interior kubah Rumah Es di Meybod, Iran
Sebagian besar daerah Iran merupakan padang pasir di mana air tawar langka dan bahkan di musim dingin, ketika suhu jatuh ke titik beku pada malam hari, matahari tengah hari nya tetap panas. Sejumlah besar es akan diperlukan untuk mengisi sumur kubah besar, dan untuk melakukannya tidaklah mungkin untuk mengangkut es dari tempat-tempat yang jauh. Orang Iran cerdik, sebaliknya, membuat es sendiri.

Suasana di dalam Rumah Es di Meybod


Di belakang setiap rumah es saluran dangkal panjang di mana air dituangkan selama malam musim dingin. Saluran yang dilindungi dari panas di siang hari oleh dinding teduh. Pada malam hari, lapisan tebal es terbentuk di atas permukaan. Ini rusak dan dikumpulkan sebelum matahari bisa naik dan pindah ke rumah-rumah es. Hal ini diulang setiap malam sampai ada es yang cukup untuk terakhir musim panas mendatang. Dinding berbayang beberapa sumur dalam dan kubah cerdik dibangun terus panas keluar.

Benteng Khasan Jalali dan rumah es
Lebih dari seratus rumah es dapat ditemukan di seluruh Iran, tetapi sangat sedikit yang ada dalam bentuk aslinya dan sepenuhnya. Kecuali upaya terpadu dibuat dalam hal restorasi dan pelestarian, prognosis tidak baik bagi sebagian besar rumah es Iran. Beberapa es-rumah bekas telah digunakan sebagai tempat pembuangan sampah.


Rumah Es di Meybod, Iran

Rumah Es di Yazd, Iran




sumber  http://versesofuniverse.blogspot.com/2013/02/rumah-rumah-es-kuno-di-iran.html

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls