Jumat, 08 Februari 2013

Ternyata bahaya gan pasang kawat gigi


Di Indonesia, penggunaan kawat gigi baru dimulai pada 1980-an dan semakin popular pada awal 2000-an hingga sekarang. Artinya, mengenakan behel sudah menjadi tren di semua lapisan masayarakat. Baik usia tua, muda, bahkan dikalangan anak-anak.
Kawat gigi adalah jenis perawatan ortodonti, atau pengobatan yang ditujukan untuk mengoreksi letak gigi yang tidak beraturan atau menyesuaikan rahang atas dan bawah. Jika Anda memiliki gigi miring atau tidak sejajar (tidak klop untuk mengunyah dan menggigit), Anda dapat meluruskan gigi Anda dengan kawat gigi. Sebagian orang, misalnya para artis, menggunakan kawat gigi untuk memperbaiki penampilan, agar gigi mereka lebih rapi dan cantik
Beberapa tahun belakangan ini, memasang behel atau kawat gigi menjadi tren di kalangan anak muda (remaja) hingga orang dewasa. Namun tahukah kamu akan resiko dan bahaya dari memasang behel atau kawat gigi jika hanya untuk mengikuti tren atau gaya-gayaan saja? Kawat gigi atau behel dengan berbagai warna karet dan aksesoris pelengkap lainnya kerap terlihat menyembul dari gigi pemakainya. Biasanya pemakai behel yang tidak memiliki masalah dengan susunan gigi beralasan pakai behel untuk tampil gaya agar terlihat lebih keren saja. Padahal memasang behel hanya untuk bergaya atau mengikuti trend fashion itu hanya akan merugikan diri sendiri.
yu sekarang kita bahas efek positif dan Negatif nya
EFEK POSITIF
Dulu mengenakan kawat gigi dianggap aneh dan kuno. Mulai dari rasa tidak nyaman hingga takut diolok-olok teman. Karena itu, kawat gigi yang juga dikenal dengan istilah bracket ini merupakan benda yang sebisa mungkin dihindari oleh orang-orang dengan susunan gigi amburadul. Jelas drg Susyanto
Manfaat dari pemasangan behel, sambungnya, membuat gigi menjadi rapi, sehingga enak dipandang mata dan akan terhindar dari masalah pencernaan akibat gigi yang kurang rapi. Membuat senyum terlihat manis dan terlihat cantik. Bisa juga untuk mengikuti trend dan gaya-gayaan serta meningkatkan rasa percaya diri.
Selama pemasangan kawat gigi aktif dan retainer, kata dia, kebersihan dan perilaku makan harus dijaga betul. "Sebaiknya, pemakai menggunakan sikat gigi khusus vertikal dan horizontal yang mampu membersihkan kotoran di sela-sela gigi dan kawat . Walau tak ada pantangan, Susiyanto bilang sebaiknya hindari makanan yang manis, lengket, liat, dan bersoda, karena makanan macam itu lebih sulit dibersihkan. Makanan padat dan keras kayak apel, sebaiknya dipotong kecil-kecil. Jangan coba-coba melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah dipasang," pungkasnya.

nah adaTips merawat pemakaian bahel atau kawat gigi

Kawat gigi butuh perawatan dan peralatan yang ekstra.
Kadang-kadang ada rasa tidak nyaman karena posisi gigi disesuaikan dan bergeser. Terkadang seseorang perlu minum obat penghilang rasa sakit dari waktu ke waktu. Kawat gigi biasanya akan menimbulkan sela-sela atau lubang dan sulit untuk menjangkau daerah itu sehingga memberi kesempatan kepada bakteri untuk tumbuh dan berkembang di sana. Daerah ini berisiko terhadap kerusakan, plak, noda dan gigi berlubang.
Keputusan untuk memasang kawat gigi seharusnya menumbuhkan konsekwensi untuk merawat dan membersihkannya pula lebih dari biasanya. Bila ada makanan yang tersangkut, Anda bisa menggunakan benang untuk mengeluarkannya.Walaupun tidak cocok untuk semua orang, Anda mungkin bisa mencoba sikat gigi electric. Getaran yang dihasilkan oleh sikat gigi electric bisa membantu mengeluarkan partikel keras di sela-sela gigi.
Makanan manis dan asam bahkan lebih rentan untuk menyebabkan kerusakan karena ada begitu banyak sisa-sisa makanan yang sulit untuk dibersihkan. Kawat gigi dapat meluruskan dan memperbaiki senyum tetapi Anda perlu membersihkan mulut dan gigi.


Nah disini ane mau menjelaskan EFEK NEGATIF dari pemasangan kawat gigi atau behel.

EFEK NEGATIF

"Behel untuk sekedar gaya-gayaan itu tidak perlu karena bisa merugikan pemakai sendiri," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), drg. Zaura Rini Anggraeni MDS. Bahaya yang akan didapat dari memasang behel untuk gaya-gayaan ada beberapa macam. Mau tahu seperti apa bahaya dari memasang kawat gigi? Langsung saja simak penjelasan berikut ini:


1.Gigi bisa jadi goyah Saat tulang yang memegang gigi berubah mengikuti kawat yang mencekat gigi di atasnya, maka gigi bisa jadi goyah. Sama seperti pagar yang ditekan terus, lama kelamaan pondasinya akan longgar dan goyah.



2. Susah untuk dibersihkan Memakai behel hanya untuk gaya-gayaan akan membuat kebersihan gigi tidak terjaga. Terutama membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela briket dan kawat. Tentu jika kondisi ini dibiarkan, gigi akan menjadi kotor





3. Muncul kuman dan bakteri Karena susah dibersihkan, kuman dan bakteri akan mudah sekali hidup di mulut. Kuman akan mudah sekali terselip di sela-sela behel dan karetnya, jika tidak rajin memakai obat kumur mulut. Kuman dan bakteri banyak hidup di mulut, maka akan timbul bau mulut. Apalagi kondisi gigi sulit untuk dibersihkan karena ada kawat gigi tersebut.




4. Susunan gigi bisa jadi berantakan Proses pemasangan yang asal-asalan, apalagi jika dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya, bisa makin memperparah bentuk gigi yang sebenarnya sudah bagus. Ini disebabkan bentuk gigi akan mengikuti bentuk kawat tersebut.




5.Penularan penyakit Memasang behel di tukang gigi yang tidak berijin resmi atau illegal semakin menambah buruk resiko terkena penyakit menular. Ini disebabkan alat-alat yang digunakan belum terjamin kebersihannya, apalagi langsung bersentuhan dengan mulut.




6.bisa hepatitis atau bahkan HIV yang paling di takut kan no 6 ini.Kawat logam yang dipasang pada gigi Anda sering berbenturan dan dapat menyebabkan luka kecil pada bibir dan bagian dalam pipi Anda. Nah, saat Anda terlibat dalam aktivitas seksual seperti seks oral atau bahkan berciuman, luka kecil di dalam mulut Anda akan menyediakan jalan masuk untuk penyakit, termasuk hepatitis dan HIV, memasuki aliran darah Anda.



7.Alergi,Kawat gigi logam mengandung berbagai logam, termasuk nikel, tembaga dan kromium. Sekitar 30 persen pasien ortodontik dari semua pasien ortodontik lainnya memiliki alergi terhadap logam ini yang dapat menyebabkan rasa sakit dan telinga tersumbat.
Selain itu, pasien yang tidak memiliki alergi sebelum mereka memakai kawat gigi berpotensi terkena alergi setelah mereka memakainya. Untungnya, alergi terhadap nikel, tembaga dan kadmium umumnya ringan dan mudah diobati dengan mengubah jenis logam yang digunakan dalam kawat gigi.


Jadi, sebelum masang kawat gigi untuk gaya-gayaan lebih baik kamu pikirkan dahulu efeknya.
semua ini ane rangkum dari berbagai penjuru dunia dan berrbagai sumber. cari aja di google pasti hasil nya sama





sumber  http://www.kaskus.co.id/thread/51089e35621243397000000a/ternyata-bahaya-gan-pasang-kawat-gigi/

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls